Resep Masakan dan Minuman Masa Kini

Resep & Cara Membuat Koyabu Isi Gula Merah

ADSENSE HERE!
Resep & Cara Membuat Koyabu Isi Gula Merah - Mungkin banyak yang tidak tahu apa itu koyabu, koyabu merupakan jajanan yang terbuat dari tepung ketan yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian dibungkus dengan daun pisang. Sehingga saat digigit rasa manis dari gula merah akan memenuhi mulut penikmatnya. Belum lagi ditambah dengan kelembutan tekstur kulitnya, meski hanya terbuat dari tepung ketan kulit koyabu sangat lembut dan sedikit kenya. Bagi anda para pecinta makanan manis harus mencoba membuatnya di rumah.

Kue Tradisional Koyabu Isi Gula Merah

Berikut resep koyabu isi gula merah yang bisa anda coba :
Bahan
- 200 gram tepung ketan kualitas bagus
- 250 gram parutan kelapa atau ampas kelapa yang belum diperas
- 250 gram gula merah yang dipotong-potong halus
- 1 sendok teh garam
- daun pisang dan daun pandan untuk membungkus


Cara pembuatan Koyabu Isi Gula Merah :

- Uleni tepung ketan, parutan kelapa dan garam hingga semuanya tercampur rata dan parutan kelapa sedikit mengeluarkan santan. Adonan koyabu memang kering karena tidak menggunakan air namun di dalamnya ada parutan kelapa yang mengandung santan sehingga saat dimasak adonan tetap akan menjadi kue. Jangan mengambahkan air karena akan merusak tekstur koyabu.

- Siapkan daun pisang dan daun pandan. Gunakan daun pisang untuk lapisan luar dan daun pandan untuk lapisan dalam. Kemudian letakan beberapa sendok adonan ke dalam daun dan tambahkan satu sendok gula merah. Bungkus yang rapi agar adonan tidak keluar.

- Kukus hingga matang dengan api besar dan jangan lupa untuk melapisi tutup panci pengukus dengan kain bersih agar air tidak menetes. Setelah matang angkat dan sajikan.

Koyabu isi gula merah siap untuk disajikan.Mudah bukan? silahkan untuk mencobanya di rumah. Bila kesulitan mencari daun pandan dalam jumlah banyak, gunakan saja daun pisang tanpa daun pandan untuk pembungkus. Selamat mencoba.
ADSENSE HERE!
Copyright © Resep Masakan. All rights reserved. Template by CB