Resep Masakan dan Minuman Masa Kini

Resep & Cara Membuat Jongkong Nangka Kelapa Muda

ADSENSE HERE!
Resep & Cara Membuat Jongkong Nangka Kelapa Muda - Jongkong nangka merupakan makanan yang hampir mirip dengan bubur sumsum, namun jongkong biasanya berwarna hijau dan dicampur dengan kelapa muda dan nangka. Makanan ini bisa ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia meski dengan nama dan tampilan yang berbeda-beda namun pada intinya sama. 

Kue Tradisional Jongkong Nangka Kelapa Muda


Jongkok biasanya disajikan pada pagi atau siang hari bersama dengan kuah gula merah yang pekat. Rasa gurih dari jongkong akan menyaru dengan manisnya gula merah dan aroma nangka akan menambah sedapnya makanan ini.

Berikut resep jongkong nangka kelapa muda yang bisa anda coba :
Bahan jongkong 
- 100 gram tepung beras yang masih baru
- 50 gram tepung ketan dan 2 sendok makan tepung kanji
- 500 ml santan kental
- 100 ml air
- 1 sendok teh garam
- 5 lembar daun suji
- daging kelapa muda dan nangka secukupnya
- daun pisang yang banyak untuk membungkus
Bahan saus
- 300 ml santan encer
- 1 sendok teh garam
- 180 gram gula merah
- 1 lembar daun pandan yang diremas-remas

Cara Pembuatan Jongkong Nangka Kelapa Muda
- Rebus seluruh bahan saus menjadi satu hingga mendidih dan gula merah larut. Jangan lupa untuk terus mengaduknya saat perebusan. Setalah mendidih angkat dan sisihkan.

- Sekarang saatnya membuat jongkongnya. Rebus santan dan daun suji yang sudah dihaluskan, aduk terus lalu angkat setelah mendidih kemudian saring.

- Siapkan wadah masukkan tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, garam dan nangka. Lalu masukkan santan yang mendidih tadi ke dalamnya. Aduk terus hingga mengental. Setelah itu, siapkan daun pisang untuk membungkus, letakkan beberapa sendok jongkong, daging kelapa muda dan saus. Bungkus dengan banyak daun pisang agar saus tidak tumpah

- Selanjutnya kukus hingga jongkong matang, lalu angkat.


Jongkong nangka kelapa muda siap untuk disajikan. Perlu diketahui bahwa makanan ini cepat basi sehingga disarankan untuk tidak terlalu banyak membuatnya dalam satu waktu, jadi nikmati dan langsung habis. 
ADSENSE HERE!
Copyright © Resep Masakan. All rights reserved. Template by CB